Jumat, 11 April 2014

Post dari blog sebelah!


Akhirnya gue bikin blog baru.

Setelah proses yang melelahkan dalam mengingat apa email+password yang gue pake di blog lama, akhirnya gue menyerah dan lebih milih buat bikin blog baru di sini. Buat gue, blog adalah hal yang penting. Di sini gue bisa belajar buat nulis, dan di sini juga orang bisa ngomentarin tulisan gue seenak jidat mereka. Itu juga kalo ada yang baca blog gue sih, kalo nggak ada, ya paling gue doang yang jadi pembaca pertama tulisan gue sendiri.

Ngomong-ngomong soal tulisan, agak sedih juga sih gue kehilangan blog gue yang usianya lebih dari dua tahun itu. Hal yang bikin sedih adalah bukan karena posting di sana udah banyak, tapi karena gue nggak bisa ngehapus posting-posting yang ada di sana. Iya, gue benci tulisan-tulisan yang ada di situ! Setelah gue baca ulang blog itu dari awal, gue bertanya dalam hati: apa sih yang ada di otak gue waktu nulis semua tulisan yang ada disana??!! Banyak tulisan yang bikin gue malu, mungkin karena sekarang gue sadar, kalo gue nggak ganteng-ganteng amat (teteup!).

Akhirnya gue move on, dan nulis di sini. Tentu, dengan menggunakan gaya tulisan baru (yaelah gaya bet). Dulu gue pake kata ‘saya’ buat nunjuk diri gue sendiri, sekarang gue memilih ‘gue’, bukan karena gue berubah jadi anak gaul, tapi karena…. Pengen!

Anyhey, gue udah lulus kuliah. Hal yang sampe saat ini belum kesampean adalah nyeritain kelulusan ini di blog, dunia harus tau! Sebenernya sih, lulus udah lama. Sejak Februari 2012 gue udah dinyatakan memiliki kualifikasi buat jadi seorang sarjana. Itu artinya hampir 4 bulan gue punya status baru… yak, pengangguran! Setelah gue berbicara sama diri gue sendiri, seperti kebanyakan orang-orang bijak. Ternyata gue cukup dingin dalam menghadapi kelulusan ini.

Begini ceritanya. Tolong ya, bayangin backsound yang keren dan dramatis!
Adalah hari Rabu, tanggal 14 februari, ketika temen-temen gue kebagian sidang lebih dulu. Gue, sebagai teman yang baik tentu menuju kampus, tujuannya buat ngejekin temen-temen gue yang lagi nunggu pengumuman kelulusan. Iya sih, gue jahat. Tapi seenggaknya itu hal terakhir yang bisa gue sumbangin ke pertemanan ini (lah).

Gue sampai di kampus, muka temen-temen gue pada tegang semua. Gue lega, yang tegang muka mereka, bukan bagian yang lain. Kalau yang tegang adalah bagian lain, cerita ini bakalan beda dan dimuat di situs 17tahundotcom. Sepertinya, cuma gue orang yang dianugerahi muka cerah sore itu. Sambil berkumpul gue mengintimidasi mereka dengan mengabsen mereka dan bilang ‘tidak lulus’, tampaknya hari itu kata ‘tidak lulus’ sangat ditakuti para mahasiswa (menurut lo?). Sayang, pengumuman sidang sore itu berjalan tidak menarik. Semua mahasiswa dinyatakan lulus, ah sia-sia deh gue dateng buat ngejek mereka.

Karma is a bitch, kata orang sih gitu. Setelah pengumuman kelulusan selesai, gue iseng-iseng nyontek ke petugas administrasi, buar tau siapa yang bakal jadi dosen penguji gue besok. Harusnya sih besok diumuminnya, tapi karena gue ganteng, maka gue boleh tau lebih dulu. Ternyata, dosen penguji yang beruntung menguji gue adalah tipe dosen yang doyan ngeliat mahasiswanya tampak tolol. Iya, gue dapet dosen penguji pembantai. Gue sedih banget, akhirnya gue pulang dengan penuh kegagalan, dan ketakutan tentunya. Sesampai dirumah, gue nggak bisa tidur, nggak bisa makan. Penyebabnya adalah, ada yang salah dalam skripsi gue, dan gue dapet dosen penguji yang sadis nan pintar. Terus menurut lu, gue bisa tidur gitu?

Sampe hari-H sidang, gue belum tidur dan makan. Apalagi waktu itu gue lagi sakit batuk yang belum sembuh selama sebulan. Anjing bangetlah! Kalo boleh gue kasih saran, jangan nggak tidur sebelum sidang, rasanya ngantuk dan puyeng. Sepanjang hari gue merasa jadi jombie. Sampai pukul 10 pagi, gue udah ngabisin 5 botol air mineral. Stress bikin gue nggak bisa makan, tapi nggak ada yang bisa gue lakuin kalo lagi grogi selain minum.
Akhirnya, gue kebagian presentasi sekitar pukul sebelas. Orang lain ada yang duduk, gue milih berdiri. Orang lain presentasi sambil bawa kertas, gue bawa pulpen doang sebagai pegangan biar gue nggak terbang. Iya ini gue tulis buat nyombong. Gue presentasi selama sepuluh menit berdiri. Kalo lagi sakit, belum makan, belum tidur, berdiri selama itu nyiksa banget. Beberapa kali mata gue berubah jadi gelap karena pusing, tapi mulut gue tetep ngomong. Nggak lucu juga kalo gue pingsan di sini.

Satu setengah jam kemudian, gue keluar. Keren nggak sih gue? Bisa selama itu? Orang-orang terlihat bingung, kenapa gue ngabisin waktu selama itu, yang jelas bukan karena gue betah di dalam. Tapi mereka nggak tau aja, kalo gue ngabisin dua puluh menit pertama buat nyari jawaban yang susahnya sama kayak nyari pacar tanpa ngeluarin duit.

Singkat cerita, pukul 4 sore gue dinyatakan lulus. Yeay!! Gue dapet selamat dari temen-temen, dari dosen pembimbing gue yang pinter, dan dari pacar gue yang sengaja gue suruh dateng bawa jeruk nipis buat ngobatin tenggorokan gue yang sakitnya kayak baru diselingkuhin.

Pukul 7, gue pulang ke rumah. Kalo gue pulang ke maha kuasa, mati dong. Gue sengaja nggak nelpon orang tua gue, supaya bisa ngasih kejutan ke mereka. Pertama, gue ketemu sama bokap. Setelah nyimpen tas gue bilang ‘aa udah lulus’, kemudian bokap gue langsung meluk gue sambil teriak-teriak ke si ibu yang ada di dalem rumah ‘Mah, si aa lulus!!’, ibu pun keluar sambil nangis juga, dan kakak gue ikutan. Gue pun sempet nangis sih, itu adalah moment paling indah dalam hidup gue, kapan lagi gue bisa bikin orang tua gue bangga? Apalagi gue adalah sarjana pertama di keluarga ini, nulis ini pun gue masih terharu.

Setelah itu, bokap sibuk ngasih tau keluarga gue yang lain, paman, bibi, uwa, semanya. Si ibu sibuk nyari-nyari tempat makan. Gue? Gue tidur! Gue belum tidur selama dua hari. Tidur adalah hal yang sangat gue butuhin waktu itu.

Pukul sepuluh, si ibu ngebangunin gue. Gue bingung, kenapa gue dibangunin. Terus gue bilang kalo sidang skripsi itu besok. Iya gue ngelindur, itu adalah mimpi paling buruk. Ternyata gue mau diajak makan, emang sih gue belum makan selama dua hari, akhirnya gue ikut walaupun gue nggak terlalu semangat karena ngantuk.
Twitter dan sms banyak orang yang ngucapin ‘selamat’. Tentu, gue sebagai orang sabar, ngebalesin mereka satu satu dengan bilang ‘makasih’. Semua ucapan itu dateng dari temen kampus dan dari keluarga gue. Orang di luar itu nggak ada yang tau kalo gue udah lulus.

Emang sih, sampe wisuda, gue nggak pernah gembar-gembor ke orang-orang kalo gue udah lulus dan mau wisuda. Yakali, siapa gue? Emangnya orang-orang mau tau apa yang gue lakuin? Dan yang paling penting, emangnya orang-orang peduli? Gue cukup membagi semuanya dengan temen-temen gue lewat sms. Bahkan, setelah wisuda gue nggak pernah sekalipun upload atau masang foto wisuda gue sebagai profile picture di semua akun jejaring sosial yang gue punya. Males aja sih, nggak tau kenapa. Dan teman gue bilang, kalo gue belum sah jadi sarjana, karena belum pake profile picture yang pake toga. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar