Senin, 08 Agustus 2011

ternyata gue penulis alay part 3

True love, A silver heart upon a chain

In 1980 was engraved. A heart so innocent

Before you knew a world of pain. Before you learned to be afraid

And lived through times so cruel But you can start again

For what you mean to me No words they can explain

I've been trying to discover Something that can last forever

We're two fools who stand divided You and I should be united

True, true love

Ash – True Love

Tim Wheeler masih nyanyi True love, lagu yg jadi soundtrack gua pagi ini. Jam 4.30 gua udah kelayapan, jam segini orang ke pasar, gua ngejemput cinta. Perlu diketahui kampus gua punya kebijakan keren, masuk kuliah jam 6.30. lebih pagi daripada pegawai negeri dan lebih pagi daripada anak SMA. Keadaan itu diperparah dengan gua yg menjemput cinta di Cimahi sementara rumah gua di Cibiru dan gua kuliah di Tamansari, ini cinta segi banyak namanya.

Klasik, tapi cinta emang butuh pengorbanan. Hari cukup gila dengan ngulang kuliah demi ngedeketin Nanda, sekarang gua cukup gila dengan menembus udara Bandung pagi buta pake motor. Mengukur panjangnya jalan Soekarno Hatta, hingga akhirnya gua sampai dirumah Nanda pukul 5.30. gua kira ini bukan jam tepat buat bertamu.

Nanda adalah anak tunggal, adalah tinggal dengan ibunya, adalah ayahnya dinas di luar kota. Daripada mereka hidup nomaden maka biarkan sang ayah saja yg berkelana pindah dari satu kota ke kota lainnya dan pulang setiap tiga bulan sekali.

Ibu Nanda menyambut gua pagi itu.

“masuk yuk lif, Nanda masih mandi, kamu tunggu dulu aja ya” Ibu Nanda itu yg ngomong.

Kadar GR gua meningkat 200%, gua belum kenalan tapi ibunya udah tau nama gua, itu artinya Nanda sering menceritakan keberadaan gua, iya pasti sering. Gua duduk dengan bangga lalu tenggelam dalam lamunan.

Nanda:”Bu, tau gak temen Nanda ada yg Ganteng lho, alif namanya.”

Ibunya:”oh ya masa?udah punya pacar belum?”

Nanda:”kayaknya jomblo sih bu”

Ibunya:”Ganteng kok gak laku sih”

………………………………………

“yuk!” suara Nanda selalu bikin gua kaget.

“pergi sekarang?” seperti biasa gua menelurkan pertanyaan bodoh.

Nanda Cuma senyum lalu duduk membenarkan letak sepatunya.

“sekarang aja, keburu kejebak macet kita”

Setelah pamit sama calon mertua, gua dan Nanda pun berangkat. Dengan motor ini, menyusuri dinginnya udara subuh yg masih segar. Ini adalah romantis seandainya jalan sepi dan diiringi lagu mellow, sedang gua berada dijalan yg lumayan padat dengan klakson sebagai soundtrack dan diselingi sumpah serapah.

Indikasi kekaguman gua sama Nanda meningkat deras. Biasanya tipe wanita cantik seperti Nanda ogah diajak naik motor, entah karena angin bisa merusak rambut yg udah dirawat seharian di salon, atau simply debu dan ujan bisa merusak kulit mereka yg (katanya) sensitif. Nanda beda, dia dengan rela duduk di belakang gua, kedua tangannya berada di pinggang gua, sambil sesekali meremas jaket ketika laju motor semakin cepat.

Gua sampai dikampus, tepat pukul 6.30. kampus ini tau betul gimana cara nyiksa mahasiswa, selain masuk harus pukul 6.30 tempat kuliah ada di lantai 5 tanpa lift. Ok gua sih masih muda, naik-turun lima lantai bukan masalah, tapi kasian juga kalau dosennya berusia lanjut, penyiksaan ini namanya. gua jalan bareng Nanda, kampus masih sepi, sedikit sekali mahasiswa yg rela ngampus jam segini. Satu demi satu tangga dilewati, ternyata menuju lantai lima itu cape. Gua tarik kata-kata yg menyatakan bahwa naik turun tangga bukan masalah, ini adalah masalah besar!

Sambil mengatur ritme nafas yg terengah-engah gua mengetuk pintu, tersenyum manis.

“pak” gua menyapa dosen sambil mengangguk.

“udah telat, kamu gak boleh masuk lagi” dosen itu bilang

“lho kita Cuma telat 10 menit pak,” balas Nanda sambil nunjuk ke arah jam tangan dia.

“di jam saya kalian udah telat 15menit, dan sesuai kontrak belajar kalo telat 15 menit ga boleh masuk”

“yah mana tau saya jam bapa jam berapa, lagian gak mungkin saya liat-liat jam bapa juga pak” itu pernyataan gua, entah mau dikategorikan cerdas atau bodoh, gua pasrah.

Beberapa orang mulai tertawa, yg mana membuat si dosen makin cepat marah,

“kalian udah telat, masuk lagi aja minggu depan, tolong tutup pintunya”

ok deh pak, gua keluar rumah subuh, menempuh jarak sekian puluh kilometer, ngejemput gebetan, kena macet disana sini, terus gak boleh masuk gitu? Meningan situ gua lempar dari lantai lima, atau gua aja yg loncat sekalian.

“ke bawah yuk ah, kelas kedua kan masih lama”

“yuk, sekalian gua cari makan, ketemu dosen sentimen emang bikin lapar” gua gak nemu lagi alesan yg cukup logis.

“tau ga boleh masuk meningan aku tidur, kelas kedua masih lama”

“jam 2 kan? Komunikasi politik kan?”

“yeah well it sucks!”

“tapi dosennya kece, si ibu waktu mudanya cantik tuh”

“ih gila ngecengin dosen, dasar sakit jiwa!”

satu cubitan Nanda mendarat di tangan gua. Iya gua ngecengin elu juga, dalam hati.

Tempat makan di Universitas Ini Bandung lumayan menyedihkan. Tempatnya lumayan kecil buat nampung ribuan mahasiswa. Gua itung paling Cuma ada 10 meja kecil. Itupun Cuma bisa nampung 4 orang. Kantin ini hanya semacam formalitas sih, menegaskan bahwa kami pun punya kantin, walaupun menyedihkan. Gua mesen makan, sementara Nanda Cuma beli minuman,

“Sebetulnya kalo telat yg dirugiin siapa sih? Dosen apa mahasiswa?” Nanda membuka obrolan ilmiah di pagi buta

“kalo menurut gua sih mahasiswa lah”

“terus kenapa kita diem aja kalo dirugiin?”,

“entah sih, kan kita harus ngehormatin komitmen yg kita buat jg Nda” omongan gua penuh ke-sok-an

“ah dosen itu aja sering telat lebih dari 15 menit tapi tetep boleh masuk kok”

omongan Nanda membawa gua ke perenungan hebat. Akhirnya gua menjelaskan analisis gua yg mendalam. Kalo dipikir lagi mahasiswa makhluk yg aneh. Dia bayar mahal kuliah tapi senang kalau dosen tidak hadir. Padahal saat itu mahasiswa dirugikan. Mendapatkan materi kuliah adalah hak mahasiswa. Mahasiswa datang terlambat dilarang masuk oleh dosen. Hal serupa tidak bisa diaplikasikan kalau dosen itu terlambat, kalau dia dilarang masuk, rugi lagi mahasiswa tidak mendapatkan haknya, kalau dia boleh masuk, jelas ini tidak adil bagi yg datang tepat waktu, mahasiswa masih dirugikan bukan? Kasus lain datang, dosen tidak hadir, mahasiswa mutlak dirugikan, sang dosen bermaksud mengganti dan memindahkan jadwal di hari lain, tetap mahasiswa dirugikan mereka harus meluangan waktu ekstra buat sang kuliah tambahan, kalau tidak mengikuti kuliah tambahan ya tambah rugi jelas. Tapi ada yang paling rugi, yaitu dosen yang sama sekali tidak pernah hadir tapi memiliki absensi full, bagi gua ini ajaib, kalau elu bertanya apakah ada dosen seperti itu? Jawabannya ada! Kalau tidak percaya, yuk main-main ke kampus gua.

“sekian analisis gua” obrolan panjang itu gua akhiri

Nanda melongo sambil memutar mutar sedotan di air minumnya.

“analisis mendalam walaupun banyak yg aku gak ngerti”

“-_____-“

“lif, nanda cabut dulu ya. Mau kerumah temen nih”

“jauh gak? Gua anterin ya” gua melacurkan diri

“ah gak usah, deket kok, jalan doang juga nyampe”

“jalan ke Garut juga bisa nyampe Nda”

“ah kamu ini, titip bayar minum ya.”

Nanda ninggalin duitnya lalu pergi. Gua yg masih belum punya pilihan mau ngapain. Pilihan jatuh antara numpang tidur di perpustakaan atau di mesjid. Perpustakaan lebih enak sih, tapi sayang jam 12 gua bakalan diusir. Kalo di mesjid jam 12 paling gua dipindahin tidur di bedug. Akhirnya gua memilih jalan-jalan di kampus sendiri. Suka ngerasa asing gak sih kalo jalan di kampus sendirian? Kalo jalan sama temen temen kan enak bisa sambil haha hihi, tapi kalo sendirian kok beda. Gua ngerasa bahwa gua itu kayak alien yg tiap jalan kesana kemari diliatin terus. Anyway mungkin gak sih alien jalan kesana kemari, emang mereka gak punya semacam kekuatan buat terbang atau apa gitu.

Kayak yg gua bilang, agak canggung jalan sendirian meskipun di kampus sendiri. Perasaan mata orang-orang yg gua lewatin itu penuh tatapan, “siapa lu?” “lagi bingung ya?” atau hal-hal yg mengindikasikan gua gak berhak luntang lantung di kampus ini. Gua akhirnya memilih ke perpustakaan, dari semia tempat di kampus ini, tempat itu yg paling sepi, seenggaknya gua bisa tidur dengan tenang plus dapet pencitraan mahasiswa yg doyan baca buku.

Gua lagi jalan dengan ganteng. Biasanya setelah kalimat itu muncul bakalan ada orang yg manggil nama gua.

“wooy lif”

ah klise banget sih ini yg nulis cerita! Gua bisa tebak kalo orang itu adalah Hari. Elu mah emang sentimen aja sama gua, makanya si Hari ada terus buat bikin gua menderita.

“ke perpus bang. Darimana bang?” gua basa basi itu

“ngapain elu ke perpus? Sepi cuy”

eh dodol kalo pengen rame ke mall sono gih!

“mau tidur bang. Sambil nunggu kelas, lumayanlah” gua jawab sambil nyengir.

“ah tidur di kostan gua aj nyok, enak ada kasur”

“emang mau balik bang?” gua cukup tergiur dengan tawaran itu.

“gua sih mau pergi, ya elu bisa kan buka kunci sendiri? Nih kuncinya” Hari tiba tiba ngasih kunci kamarnya ke tangan gua.

“lha abang mau kemana dulu gitu?”

“gua mau nyari buku dulu, bentaran doang kayaknya, ntar gua nyusul lah kesana”

“cari buku dimana bang? Yaudah saya ikut cari buku aja dulu. Sekalian nambah pinter juga”

“cari buku mah gak nambah pinter lif, baca kalo mau pinter mah”

garing lu bang iya itu gua bilangnya dalem hati lah pasti. Entah kenapa tiap si Hari ngegaring dia ketawa sendirian, gua sih ikutan ketawa cuma buat ngehibur dia doang.

“pake angkot apa pake motor nih bang?”

“pake punya elu ajalah, gua males balik ke kostan, deket kok supratman doang”

yaaak, gua jalan bareng Hari LAGI, menuju tempat parkir, menuju motor gua yg di-standar-in di salah satu pojokannya.

Gua menyusuri jalan tamansari, menuju wastukencana, lalu lurus menyusuri panjangnya jalan Riau, iya jalan ini dipenuhi FO dikanan dan dikiri. Hal yg menyebalkan dari Bandung adalah jalannya yg pendek-pendek. Maksudnya panjang jalan dari satu lampu merah ke lampu merah itu deket banget, paling ga lebih dari 15 meter udah ketemu lagi lampu merah, makanya sia-sia aja punya motor yg bisa ngebut banget, mau dipake dimana? Tiap lima menit sekali kita kena lampu merah. Dan ada mitos yg beredar kalo pas kita lewat lampu ijo, maka perempatan selanjutnya bakalan dapet ijo lagi. Nah kalo dapet merah, ya silahkan rasain kena merah terus. Di jalan Riau ini entah ada berapa lampu merah, yg jelas gua hitung, banyak!

Gua menjalankan motor dengan santai, sekitar 60-70km/jam, sekitar jarak lima meter dari lampu merah yg menyala ijo (katanya lampu merah kok nyalanya ijo? GA USAH DIBAHAS WOOY!!) dua detik kemudian lampu itu berganti warna menjadi kuning, kalo merah berarti berhenti, ijo berarti maju, maka kuning artinya harus tancap gas sejadi-jadinya daripada elu kena lampu merah.

“LIF TANCEP GAS LIFF!!” Hari teriak teriak di samping telinga gua, eh maksud gua samping kepala.

Dan gua dengan reflek mengikuti perintah nista tersebut, lampu sih masih berwarna kuning, pas gua ditengah perempatan, iya gua ditengah perempatan itu lampu berubah menjadi warna merah. Gak mungkin juga gua berhenti ditengah perempatan, bisa-bisa gua mati ditabrak atau mati dipukulin orang, akhirnya gua tancap gas terus, akhirnya ada polisi nongol di depan gua dan nyetop motor gua!!!!! damn you Hari!

gestur polisi yg nunjuk pake telunjukknya ke arah gua, seolah gestur itu ngomong “kena deh”

pelajaran lain dari kota ini, sulit membedakan mana yg pohon dan mana yg polisi, selain karena mereka sama-sama berwarna hijau, polisi sering menyamar menjadi pohon dengan teknik menyatu dengan pohon atau bersembunyi di balik pohon.

“boleh liat surat-suratnya de?” polisi itu manggil gua dengan panggilan unyu

“ini pak” gua balas dengan menyerahkan STNK dan sim yg berfoto ganteng.

“bisa ikut sebentar?” itu pertanyaan retoris, gua dan Hari ngekor polisi itu ke dekat sebuah kios dan pohon rindang.

“ade udah ngelanggar lampu merah de, ade itu harusnya berhenti” polisi itu ngejelasin

“lha pak, tadi pas saya maju itu masih kuning, baru merah pas saya udah ditengah, masa saya berhenti ditengah jalan?” gua ngejelasin hal yg ga bakalan didenger sama polisi

“ah ade ini alasan, saya liat sendiri kok ade nerobos lampu merah”

“gimana bapak bisa liat? Bapa kan sembunyi disini deket pohon” kalo Hari ngomong pasti masalah bakalan tambah runyam

“ah kamu ini sok tau. Udah jelas ngelanggar” polisi itu gak mau tau

gua lebih milih diem, Hari juga.

“jadi ini mau gimana” polisi itu nanya lagi

FYI itu adalah kalimat lain dari, “jadi elu mampu nyogok gua berapa?” yg rada diperhalus. Kalimat tersebut harus dijawab dengan “saya punya segini pak”

“ya gak gimana gimana pak, saya kan ga salah” gua tetep ngebela diri.

“yaudah kalian saya tilang aja ya.”

kalimat seperti itu harus kalian jawab “jangan dong pak, kita damai aja”. Kalo niat itu polisi mau nilang, pasti udah dilakuin deh daritadi.

“yaudah gini aja deh pak, kita jelas gak salah tapi kalo mau nilang ya silahkan tilang aja. Cuma saya bakalan bikin surat pembaca di lima koran, dan ngaduin masalah ini ke yg berwenang, kita gak terima diperlakuin kayak gini” itu hari yg ngomong, dan seperti yg gua udah prediksiin masalah makin runyam.

“kamu nantangin??!! emangnya kamu ini siapa?!” polisi itu mulai kesal

“saya cuma wartawan yg gak terima diperlakuin gak adil gini. Ini kartu pers saya” Hari ngeluarin semacam id card, oh itu yg disebut kartu pers.

Polisi tadi nampak bingung, dia melihat baik-baik kartu pers yg dikasih Hari.

“Ok kalian boleh pergi!” polisi itu dengan kecut mengembalikan sim, stnk, dan kartu pers Hari.

Hari ngambil semua barang itu tanpa banyak tanya, gua bisa ngeliat ada kemarahan yg sama dari raut mukanya, lebih seram daripada wakti dia teriak teriak dan menzalimi gua.

“yg kayak gini nih yg paling gua gak suka dari Indonesia” sambil duduk Hari ngomong.

“iya sih gua juga heran bang sama kejadian kayak gini” gua jawab.

“ya kita punya power buat ngelawan hal kayak gini, lu bayangin orang lain yg powerless, ga bisa ngelawan kalo digituin”

gua diem, banyak yg belum gua tau dari orang ini. Motor mulai memasuki jalan supratman, jalan yg dipenuhi pohon besar dikanan dan dikirinya. Gua masuk ke toko buku yg cukup gede dan selalu ngasih diskon lebih dibanding toko buku yg biasa ada di mall mall. Lebih bersahabatlah sama kantong mahasiswa. Tapi buat gua harga buku itu dilematis, kalo harga buku mahal, makin sedikit orang yg bisa beli, apalagi belum banyak orang indonesia yg mandang kalo buku itu kebutuhan penting. Tapi kalo harga buku murah bakalan jadi masalah pula, royalti yg didapet penulis pasti sedikit, gak setimpal sama perjuangan penulis itu jungkir balik terus ngasih ilmunya buat orang-orang. Ah iya, emang udah kebanyakan masalah ini negri, baiknya di reset lagi, kalo mulai dari awal siapa tau bakalan lebih baik.

Gua gak nemuin buku yg gua cari, well technicly gua gak nyari apa apa sih, cuma ngeliatin Hari yg bawa sekitar 3-4 buku.

“gua udah beres nih lif” Hari ngomong (iya masa ngesot)

“yuk, gua takut telat kelas lagi” gua bilang

“yok bayar dulu boy, wah untung jam segini masih sepi jadi gak ngantri”

Hari menuju kasir, sementara gua langsung keluar nunggu di parkiran nyiapin motor. Hari nongol dan kita meneluri jalan Supratman lagi, kembali menuju keramaian kampus. Kalau kuliah adalah proses belajar, hari ini gua belajar banyak.


Well, pengantar politik bukan mata kuliah yg renyah ternyata. Elu duduk selama dua jam buat denger dosen ngomong tentang apapun itu yg gua gak ngerti sama sekali! Yg gua tau cuma dosen itu cantik waktu muda, dan Nanda sekarang gak ada, oh great make my day! Gua berharap Nanda bakalan muncul seperti kejadian kejadian sebelumnya, dimana dia muncul tiba tiba dan membuyarkan semua lamunan gua tentang dia. 10 menit, 20 menit, 30 menit. Setelah bosen bolak balik liat jam, gua sms nanda, “Nda dimana wooy?”. 10 menit, 20 menit, 30 menit. Gua terus berharap ada sms balesan. Sialnya gua gak bisa ngelakuin adegan dramatis kayak di film film, dimana kalo si pujaan hati gak ada, elu bisa ngabisin waktu buat ngeliatin bangku kosong tempat dia duduk. Cuy ini kuliahan, orang duduk dengan sembarang, ga istiqomah. bisa sih gua ngelakuin itu, gua liatin bangku kosong didepan gua. Ya kalo kalo itu bakalan jadi tempat duduk Nanda, tapi ada kesempatan itu jadi tempat duduk pria berkumis yg punya potensi buat bikin muka gua yg ganteng ternodai, oh damn gua mixed berfantasi antara Nanda dan pria berkumis. Gua masih mandangin hape yg belum menunjukkan tanda ada pesan masuk, sementara gua dengar dosen udah mengakhiri perkuliahan. Oh Nanda ga masuk hari ini, gak ngasih kabar pula, iya sih gua bukan siapa siapa dia, tapi dia pergi bareng gua tadi pagi, seenggaknya gua harus anterin dia sampe rumah dengan selamat pula. Gua keluar kelas, gua ke parkiran, duduk diatas motor, menghilang. Ah, nasib adalah kesunyian masing masing chairil!


I watch you dance across the room Your eyes are closed, so beautiful. You're in another place..........

ooh true lovee....



1 komentar:

  1. ditunggu part 4 nya deh...kayanya aku pembaca setia cerita alay mu ini zink...wkwkwkwk....

    BalasHapus