Kamis, 16 Juni 2011

ternyata gue penulis alay part 2

the very first day

Ospek telah selesai, setidaknya buat gua udah beres. Dua hari ikut ospek dan dua hari kena sial, gua mikir 7 turunan buat ikut hari ketiga. Nyatanya gua memilih tidur dengan damai daripada disiksa lagi. Gua gak tau siapa yg menjadi korban di hari terakhir, yg jelas gua bahagia orang malang itu bukan gua. Hari ini akan menjadi sejarah baru dalam hidup gua, harusnya ada semacam upacara atau seremonial tertentu. Gua memandang pintu kelas dengan dramatis. Fase hidup baru gua akan segera dimulai. Saatnya meninggalkan masa jahiliyah semasa SMA. Bagi gua SMA adalah seburuk buruknya sistem pendidikan. Guru adalah dewa, Maha benar dia dengan semua pelajarannya. Maha benar kunci jawaban yg dipegangnya. Melawan guru artinya membiarkan nilai kita dianiaya seenaknya. Kalau ingin nilai bagus coba jadi pembantu dia, bawain ini, bawain itu. Bawain LKS (lembar kerja siswa) bawain air minum, hapusin papan tulis, ok silahkan tuliskan pekerjaan pekerjaan yg sedikit membutuhkan intelegensia.

Kehidupan sosialnya pun gua gak terlalu suka. Gua mencatat ada empat tipe anak muda atau cowok yg famous di lingkungan sekolahan. Pertama si kaya. Gejalanya adalah penampilan rapi, mengindikasikan bahwa dia tidak terkena debu jalananan, biasanya pake mobil yang udah dimodif dengan harga melebihi harga mobilnya, pake gadget yang paling baru. Lelaki model mereka meskipun bertampang minimalis tapi punya pacar yg maksimalis, dia bisa dengan cetek ngegaet idola sekolahan. Dan wanita dengan sukarela mendekati lelaki dari golongan ini. Kedua adalah si bad boy, preman sekolahan. Orang model mereka ini bakalan gampang buat nyuruh siswa lain buat gebugin atau nyerang sekolahan lain.

The badboy: ”eh itu orang jelek banget. Gebugin gih!”

atau

the badboy: ”hari ini enaknya nyerang sekolahan mana ya?”

walaupun mereka hobi ngelanggar aturan tapi mereka punya banyak temen. Dan gua gagal ngeliat alasan cewek bisa tergila gila sama orang orang kayak gini. Tipe ketiga adalah orang yg numpang tenar sama tipe no 1 dan no 2. mereka mau dijadikan ajudan yg penting bisa numpang hidup, gua rasa mereka setengah menjilat (emangnya ada setengah menjilat?) demi mendapatkan ketenangan dan ketenaran di sekolahan. Urusan cewek pun mereka lancar jaya sepertinya. Tipe cowo terakhir, sebetulnya gua gak tega mengungkap kebenaran yg menyakitkan ini. Tipe keempat ini yang paling tidak terkenal di sekolahan. Mereka terdiri dari orang orang pintar, iya pintar, lu semua ga salah baca kok. Kenyataan harus diterima bahwa orang orang pintar memang terkenal di kalangan guru tapi jadi pecundang diantara siswa lainnya. Dimintain contekan masih mending daripada disuruh ngerjain tugas golongan tiga, tapi itu lebih mending lagi kalo dibandingin sama digantung di tiang bendera sama golongan dua, tp seenggaknya mereka banyak dikenal. Naasnya gua gak masuk satupun dari golongan diatas. Itu cukup ngejelasin kenapa gua benci masa-masa Sma dimana orang-orang sibuk nunjukin superioritas mereka lewat fashion, authority, atau sibuk menjilat keduanya.

Selamat tinggal siswa selamat datang Mahasiswa. Karier sebagai Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi gua baru aja di mulai di Universitas Ini Bandung (UIB). Gua jalan dengan kalem, harusnya ada soundtracknya, biar seperti di film-film dramatis. Gua duduk di barisan keempat sambil menyilangkan kaki, biar seperti direktur yg siap-siap mecat pegawainya, keren dan elegan. Manusai-manusia bernama mahasiswa mulai berdatangan, bangku deretan belakang dan pojokan adalah tempat yg paling cepat penuh, itu adalah posisi paling nyaman buat tidur. Emang bener setan doyan banget diem di pojokan.

Gua masih kalem, sambil nunggu dosen dateng gua maenin hape. Tiba-tiba,

“hey”

Suara yg gua kenal kemaren memecah kesunyian yg terjalin antara gua dan si hape. Nanda duduk tepat di depan gua, sambil balikin badan dia nyengir.

“hey, kamu kelas A juga ternyata.” Gua dengan cerdas melontarkan pertanyaan bodoh ini

“kalo bukan, ngapain juga aku masuk kelas ini” Nanda menjawab sambil tertawa

Gua tau itu garing, tapi gua harus cari muka depan Nanda, makanya gua tertawa renyah, tertawa garing. Obrolan itu bakalan berlanjut tapi sayang dosen keburu masuk. Dosen emang ngerti banget caranya ngerusak kesenangan orang lain.

Sekitar tiga puluh menit kelas berjalan dengan lancar, tiba-tiba pintu diketuk. Telat tiga puluh menit dan masih berani ngetuk pasti itu mahasiswa yg nggak tau malu atau emang gak tau diri. Kalau gua liat mahasiswa yg nongol itu lima kali lebih gede dan gak ada muka muka mahasiswa baru. Mahasiswa itu akhirnya masuk, dengan kaosnya yg belel, dengan celananya yg sobek-sobek, dengan sedih gua harus bilang itu HARI LAGI! Dia jalan dengan kalem sementara sekitar 50 pasang mata menantikan dia sampai dan duduk di samping gua!! Woy ini yg nulis cerita siapa sih?? Kejam bener!! Kenapa selalu ada adegan gua dan hari?? Hari duduk dengan sukses tepat disebelah gua, baru lima detik patat dia nyentuk kursi dosen langsung ngomong.

“Hari bukannya kamu taun kemaren ngulang kelas ini. Bisa jelasin kenapa km gagal terus ?” dosen itu menatap Hari penuh curiga.

“nah justru itu. bisa jelasin bu kenapa ibu gagal terus ngedidik saya?” Hari ngejawab dengan kalem, atau mungkin dengan senga!

Ok sekarang kita tau kenapa dia bisa ngulang buat kesekian kalinya. Dan gua lumayan yakin kalau taun depan dia bakalan ngambil mata kuliah yg sama (LAGI).

Dosen itu diam, lalu kembali ngoceh, Hari Cuma tersenyum penuh kemenangan. Mungkin karena kegantengan gua tiba-tiba dia ngeliat gua, mau nganiaya lg mas?

“hey gua hari” hari nyodorin tangannya sambil tersenyum.

Entah kenapa gua ngeliat hal lain dari bocah ini. gua ngerasa itu senyum tulus, tapi mengingat dua adegan di episode sebelumnya gua anggap itu senyuman setan.

“iya saya tau kok, saya Alif bang” gua bilang itu sambil salaman sama dia.

“oh udah kenal rupanya” dia nyengir persis orang bego.

Eh wooy!! kalo idung situ berdarah dan lu disuruh joged-joged dangdut di depan 200 wanita yg salah satunya punya potensi jadi pacar lu, terus lu bakalan lupa gitu aja yg nyuruh lu ngelakuin semua itu?

“iya bang, saya itu yg pantatnya ditendang sampai ini ngeluarin ingus darah bang” gua bilang itu sambil nyengir sambil nunjuk idung gua yg indah.

“oooh. sorry, ada banyak sih yg gua tendang pantatnya pas ospek hehehe” dia bilang itu seolah-olah nendang pantat orang itu pekerjaan mulia.

Di tengah perbincangan mengenai pantat Nanda noleh ke belakang terus nimbrung.

“mas-mas bisa gak ngomongin pantatnya nanti pas beres kuliah?” dengan gaya sarkastik pun senyum Nanda tetap keren.

Kenapa tiap ada Hari gua sial terus?? Bisa-bisa nanda mikir gua itu homo karena ngomongin pantat sama cowo lain, atau seenggaknya dia mikir bahwa gua cowok dirty yg doyan berfantasi pake pantat. Wooy siapapun yg nulis cerita ini jauhin Hari dari gua!!!

“eh Nanda” Hari makin ramah aja kalo lagi nyapa cewe. Teteup sambil nyengir.

“Abang galak jangan ngomong terus dong, Nanda gak konsen belajar nih” meskipun protes Nanda masih keren

“Iya ah anak kecil cerewet banget” Hari bilang itu dan gua Cuma bisa melongo. Gua melihat bahwa mereka cukup akrab, dan Hari tidak sedikitpun menampilkan sisi setan dia.

Ini orang gila atau sarap sebetulnya?, atau mungkin dia memilliki semacam alterego. Waktu ospek aja galaknya kayak setan, tadi ngobrol baik, sekarang ngobrol sama cewek makin imut, dan gua yakin orang tipe Hari adalah yg ngospek biar bisa deket sama junior kece seperti Nanda ini, ok kadar kebencian gua bertambah 700%, meskipun secara kadar kegantengan gua jauh lebih Ganteng, tapi kadar kepintaran gua berada jauh dibawah kaki pria kucel ini. Dan ini adalah ancaman serius.

Untung kelas keburu selesai, seenggaknya Hari harus buru-buru minggat sebelum hari gua bertambah buruk. Baru 10 detik gua punya feeling gak enak mengenai keberadaan si Hari dan hal itu kejadian.

“Nan ud makan? Makan nyok” itu Hari yg bilang

Hari sepertinya emang diutus Tuhan buat ngancurin hidup gua. Apa pula dia ngajak-ngajak pujaan gua makan.

“eh, ikut makan yuk Lif” walaupun ada ragu dalam ajakan itu tapi gua bangga diajak makan sama Nanda, dalam hati gua bilang lu boleh suka sama Nanda Har, tapi Nanda tetep aja suka sama gua, gua bangga, gua sombong, gua bahagia.

“nyok, laper juga gua nih” mana mungkin kesempatan ini gua lewatin. Mana mungkin gua ngerelain Nanda makan berdua sama demit kayak si Hari, mana mungkin gua nolak tawaran makan Nanda. Yihaaa!

Kita jalan bertiga menuju kantin, dan ini bukan formasi baru trio kwek kwek. Nanda jalan beberapa meter lebih dulu, gua dan Hari jalan berdampingan mirip pasangan gay. Fakta bahwa gua korban kebiadaban Hari makin sulit gua cerna, sekarang gua jalan di samping dia. Oh dog!

“eh man lu tau gak, sebenernya gua udah lulus mata kuliah Pengantar Komunikasi tadi, malahan gua dapet A” Hari memulai obrolan dengan semangat

“lha kalo udah dapet A ngapain cape-cape kuliah bang?lagian sayang duit” sebetulnya gua mau bilang elu ngapain ngelakuin hal bego kayak gitu, tapi mengingat porsi badan dia bisa bikin gua cacat maka gua memilih cara damai.

“gara-gara itu tuh” Hari mengangkat dagunya, seolah dagu itu bisa dipake buat ngewakilin telunjuk buat nunjukkin sesuatu.

“Maksudnya si Nanda?” gua bertanya dengan penuh curiga.

“ya iyalah, gua udah ngeceng dia dari ospek. Elu pikir ngapain gua duduk disamping lu? Ya biar deket sama dialah.” Hari nyeritain hal yg paling gak pengen gua denger.

“Kenapa gak disampingnya sekalian aja bang?” seenggaknya ga usah deket-deket gua gitu bang.

“gua duduk dimanapun pantat gua pengen duduk” lalu Hari tertawa keras sementara gua melongo. wooy apa yg lucu dari omongan tadi?

“Pasti kenal dari ospek ya bang?” Gua nanya serius.

“iyalah, itulah enaknya ngospek lif,”

Maksudnya enak bs nendang pantat orang sembarangan ya bang. Gua ngomong dalam hati.

“woy kalian mesra banget jalannya, cepetan dong, laper nih!” suara Nanda terdengar berteriak.

Oke gua harus mulai menyusun strategi, saingannya adalah Hari, dia suka sama Nanda. Kadar ke-GR-an menunjukkan Nanda suka sama gua. Dosis kegantengan gua mengungguli Hari, kapasitas otak Hari lebih besar daripada gua. Hari lebih akrab sama Nanda, keliatan dia sudah mengeluarkan jurusnya menaklukan wanita. Gua kayaknya kalah start nih. Sambil mikirin taktik selanjutnya gua tetep ngedenger Hari ngoceh tentang segala hal, gua Cuma angguk-angguk kambing doang. Gua makin yakin kalo Hari dikirim Tuhan buat ngancurin hidup gua yg indah, sementara Tuhan ngirimin Nanda buat ngebenerin hidup orang orang yg Hari ancurin!

If the world isn't turning Your heart won't return
Anyone, anything, anyhow

So take me don't leave me. Take me don't leave me
Baby, love will come through it's just waiting for you
Well I stand at the crossroads Of highroads and lowroads
And I got a feeling it's right
If it's real what I'm feeling There's no make believing
The sound of the wings of the flight of a dove. Travis – Love will come through

Nanda, love will come through it's just waiting for you – itu gua yg nyanyi, sumbang.

1 komentar:

  1. Keep writing.. Gw akan baca terus semua tulisan seri ini.. :)

    BalasHapus