Selasa, 14 Juni 2011

ternyata gue penulis alay

Ceritanya pengen bikin novel, ceritanya biar keren. Maka suatu hari yg sabtu saya mulai menulis buat novel itu. ada orang bilang bahwa tulisan itu refleksi dari penulisnya. Disadari atau tidak tulisan itu adalah dirinya sendiri. Jadi kalau tulisannya keren pastilah pemikiran orang itu juga keren. Tenang meskipun saya keren saya tidak bilang tulisan saya keren. Nah, ternyata setelah pengakuan Ganteng sekian lama, saya baru menyadari bahwa novel yang saya tulis itu sungguh alay, ada rasa menjijikan yang mendalam waktu saya membacanya. Damn! Ternyata dalam diri yg Ganteng terdapat jiwa yg alay, akhirnya saya tidak meneruskannya lagi. Ini saya liatin nih, silahkan dicaci dan dimaki seikhlasnya.

VERSE I

Semacam prolog

Seperti biasa, gua bingung harus mulai cerita ini darimana. Anggaplah ini semacam prolog. Nama gua Alif, tanpa embel embel lain di belakangnnya. Sekian.

Ini taun ketiga gua kuliah di Universitas Ini Bandung, gak banyak yg bisa diceritain selain gua punya 2 orang temen sesat. Namanya Hari, senior abis, gua mencatat ini taun ke 7 dia ada di kampus ini, yg kedua Nanda, temen sepenyiksaan dulu waktu ospek, penampakan cewek ini gak beda jauh sama Tika Putri, gua heran kenapa gua cuma jadi temennya bukan jadi pacarnya. Ini semuanya gara-gara Hari!

*Flashback*

yeeay hari pertama ngampus, hari pertama ospek. Gua pake setelan mirip salesman, kemeja putih longgar punya bokap, celana kain item gombrang, dan sepatu apapun ini namanya yg kegedean. Hari pertama dan citra gua udah hancur berantakan. Gua harap muka gua yg ganteng bisa ngebantu ngelewatin ospek yg berat ini, harapan itu hilang sejak langkah pertama.

“Heh kamu alien kurus! Kesini!!” bentakan senior menyertai kedatangan gua dikampus ini.

Gua tau gua ganteng, gua tau gua kurus, tapi dibilang alien sama orang bertampang jelek seperti ini adalah penghinaan buat “prideside” gua. Kalau aja itu orang lebih kecil udah gua tonjok, sayang badannya 5 kali lebih gede dari gua, gua bakalan mikir sejuta kali buat cari masalah sama dia.

Perkenalkan itu Hari Wicaksono yg gua sebutkan di awal tadi. Menurut hitung-hitungan harusnya dia udah angkat kaki dari tempat ini, Hari masuk UIB tahun 2003, harusnya dia ngurusin skripsi bukan ngurusin kegantengan orang lain. Hari adalah aktivis garis keras, lebih sering pegang toa daripada nyatet materi kuliah, lebih sering tidur di senat daripada di tempat kos, orang lain kuliah sambil berorganisasi, dia berorganisasi sambil kuliah, orang lain kuliah terus ikut demo, dia ikut demo baru mikirin kuliah, hidupnya lebih banyak di jalan daripada di bangku kuliahan, demo Bandung-Jakarta, nongol-nongol pas ujian doang, pantes. Meskipun Hari ngebangke kuliah selama 7 taun, tapi dia ngebiayain kuliah dia sendiri, dia ngajar Taekondo di beberapa sekolah. Ok boleh gua gebugin dia sekarang? Dengan penuh benci gua nyamperin dia,

“Lu jongkok disitu” Hari menunjukkan telunjuknya ke tanah, “terus lu cium tanah itu sampai depan Aula sana!” penjahat itu melanjutkan.

Gua jongkok, dan harus nyium tanah, dan gimana caranya gua bisa jalan nyampe depan aula sana???!! gua maju inci per inci, mungkin besok gua baru nyampe depan aula, itu prediksi paling cepet sampai...

“BRUKKK”

tenang. itu adalah bunyi pantat gua ditendang, akhirnya hidung gua ikut-ikutan nyium tanah, akhirnya darah dari hidung gua ikut di ospek, gua nggak ngitung berapa liter darah yg keluar dari hidung gua, seenggaknya cukup ngebuat sebagian kemeja putih gua jadi merah, gua berdiri dengan tatapan penuh iba *oh please i`m bleeding here!!* si Hari nyamperin gua, gua yakin dia mau minta maaf udah nendang pantat gua yg seksi.

“Lu gak denger? Cium tanah sampe depan aula!! nantangin ya??!!”

oh ternyata dia masih mampu bentak bentak gua yg berlumuran darah. Gua ini mau jadi mahasiswa woy bukan mau jadi tentara. Ditengah ketidakberdayaan gua merangkak depan aula, gua udah mikirin gimana caranya bales dendam, abis ini gua balik, nyari dukun santet paling top, gua masukin galon ke perut itu bocah. Gua sampe depan aula, gua celingak celinguk ke dalam, ada orang yg kepalanya pake perban, ada yg tangannya pake perban, ada yg lagi mewek. *Misi misi ya mbak, ini tempat ospek apa kamp korban perang?!!* ternyata ospek hari itu selesai, jadi hari pertama tugasnya cuma bikin junior cacat. Gua balik, gua pungutin harga diri di tanah, gua cek up ke dokter, jangan jangan ada jejak sepatu Hari di pantat. Gua kenal Hari, kepalanya halal buat disembelih.

#hari kedua#

gua milih telat, semoga si Hari sibuk nganiaya orang lain pas gua datang, biar gua bisa bebas. Biarlah gua dihukum, asal jangan ketemu dia lagi. Dengan ganteng gua tempelin plester ke idung, sebagai tanda, sebagai pengingat, itu idung pernah menjadi korban jahatnya ospek.

Yak gua telat, gua celingak celinguk kampus sepi, pasti korban-korban ospek ada di dalam aula. Gua mencari penampakan Hari, setelah yakin area itu aman gua akhirnya menemui senior gua yg cewek, again siapa tau kegantengan gua ngebantu.

“Teh maaf saya telat” gua pasang wajah imut dan innocent.

“oh iya nggak apa-apa...” gua mikir pasti dia terpesona

si teteh mengeluarkan pulpen, nyatet nama gua, ngeluarin walkie talkie, terus ngomong dengan lembut.

“HARI ada junior yg telat, lumayan!”

gua bertanya dengan heran, maksudnya lumayan ini apa ya? Lumayan ganteng? Lumayan mempesona? Belum selesai gua mikir ada yg narik baju gua dari belakang dengan penuh paksaan. Gua diseret ke depan. Gua jadi tontonan sekitar 400 mahasiswa lainnya. Mereka duduk dengan manis, menyaksikan pria ganteng ini dianiaya dengan indah.

“LU ANAK BARU BIKIN MASALAH AJA!!” Hari berteriak di depan muka gua, beberapa senior mulai ikut-ikutan teriak dengan jarak sejengkal dari muka gua yg tampan. Meningan idung gua nyium tanah daripada nerima ujan dadakan kayak gini, ini adalah hal yg paling menjijikan dalam hidup gua, tunggu sampai hal yg paling memalukan terjadi.

“enaknya diapain ya ini anak?” seorang senior wanita menjadi setan penggoda

yuk mari kakak kakak yg baik silahkan adik kelasnya dibully, dianiaya, dizalimi, silahkan mari mari lagi ada diskon!

Kalau hukuman itu berupa push up atau hal hal yg berbau militer lainnya mungkin bakalan ngangkat harga diri gua di hadapan 200an wanita ini. Tapi gua disuruh joged, disuruh striptease, kemaren disuruh latihan militer sekarang gua disuruh jadi cowo murahan. Pilihannya cuma dua, gua ngelakuin apa yg disuruh si Hari, atau gua tonjok dia dan gua bakalan berakhir di rumah sakit.

“AYO CEPET LAKUIN!” Hari berteriak (Lagi)

sayup sayup gua mulai mendengar musik dangdut koplo, dangdut remix apapun itu namanya dimainkan, pantat gua ditendang (lagi) gua dipaksa berjoget mengiringi dentuman plak plik pluk, hati gua gak karuan, keringan bercucuran, sama halnya dengan harga diri gua, lima menit terpanjang dalam hidup gua, gua meliuk liuk mirip penyanyi dangdut, pindah kuliah adalah hal yg harus gua lakuin setelah semua ini selesai. Gua yakin wanita wanita disini gagal ngeliat gua sebagai calon pacar ideal.

Penderitaan selama dua hari berturut turut ini cukup bikin gua ngelamun selama 2 jam dikantin, yup sendirian. Hidup gua miris banget. Udah sekitar 4 botol air mineral yg gua minum (iyalah diminum masa dipake mandi)

“cape abis joget tadi ya mas” ada suara cewek nyapa gua (sepertinya)

ini akibat gua kecapean makanya gua berhalusinasi gitu ya? Yakin itu cewek nyapa gua? SIAPA LAGI YG JOGED JOGED DIKAMPUS INI? Ah kayaknya nyapa gua deh.

“eh” kalimat ini bakalan beres kalau gua ga liat penampakan itu cewek, saking capenya gua berhalusinasi ngeliat Tika Putri nyapa gua, paling nggak ini cewek mirip sama Tika Putri saking miripnya bahkan gua mikir Tika Putri mirip sama ini cewek.

“Nanda” dia lalu nyodorin tangan (iya tangan, emangnya mau nyodorin apalagi?)

“Alif” dengan semangat gua salaman. Kapanlagi gua dapet kesempatan kayak gini.

Gua berusaha ngeliat ke kanan dan kekiri, meyakinkan bahwa saat ini gua gak lagi dalam acara reality show, jangan sampai “prideside” gua runtuh buat ketiga kalinya.

Thought that I was going crazy. Just having one those days yeah
Didn't know what to do. Then there was you
And everything went from wrong to right. And the stars came out to fill up the sky
The music you were playing really blew my mind. It was love at first sight – Kylie Minogue

entah kenapa gua ngerasa ngedenger pengamen sebelah nganyiin lagu love at first sight, gua yakin gua salah denger. Dalam lima menit gua berada dalam adegan sinetron dan ftv ftv yang biasanya mejijikan. Tapi kali ini gua ngerasa bahagia berada di kampus ini. Gua yakin sedikit orang yg bisa ngerasain cinta pada pandangan pertama kayak gini, lebih banyak orang yg ngalamin cinta pada pandangan kedua, soalnya pas pertama ketemu gak tau kalo orang itu kaya. Barangkali gua emang manusia terberkati, kali ini gua ngerasa harus berterima kasih sama Hari yg udah nyuruh gua ngelakuin hal memalukan itu.

“banyak banget minumnya, cape ya mas?”

“petama, cape sih nggak malu iya. Kedua, apa muka ini terlihat tua makanya kamu panggil “mas”?” gua memberikan gestur menunjuk hidung, menunjukkan muka gua yg tampan.

“ya pasti malu ya, apalagi banyak cewek, apalagi pantat kamu ditendang tendang gitu kayak sapi” Nanda tertawa diatas penderitaan yg gua alami.

“yes, dan alif yakin ga ada yg mau jadi pacar alif gara-gara kejadian ini” pelajaran pertama, mengganti kata saya, aku, gua dengan nama adalah ke-sok-manisan kaum laki laki waktu ngomong sama cewek,

dan Nanda pun kembali tertawa, renyah.

Was tired of running out of luck. Thinking 'bout giving up yeah
Didn't know what to do. Then there was you

lagu itu masih bermain di kepala gua, gua positif suka sama Nanda. Joged lima menit tadi berasa 5 jam, ngobrol sejam sama Nanda bikin gua lupa hal hal menjijikan yg udah gua alamin. Nanda senyum, Nanda tertawa, Nanda pamit, dijemput ibunya, apa gua langsung lamar aja sekalian ya? Dia pergi, gua senyum. Blessing in disguised eh.

And everything went from wrong to right. And the stars came out to fill up the sky
The music you were playing really blew my mind. It was love at first sight.

8 komentar:

  1. terus gimana tuh kelanjutan cerita alif-hari??
    hhaha kocak nih ceritanya.

    BalasHapus
  2. @lili
    iya nanti ada lanjutannya kayaknya sih itu juga.
    hehe
    makasih udah baca

    BalasHapus
  3. buahahaha, ditunggu lanjutannya gan, sampe kimpoiii. #eh

    BalasHapus
  4. ahahaha bytheway gw suka cerita lo!! lagi dong lagi :D

    BalasHapus
  5. lanjut lanjut lanjutin ceritanya! :D
    gimana sama nanda? gimana nasib abang alif selanjutnya? apakah ibunya nanda masih jomblo?
    ceritanya bikin ngakkak xD

    BalasHapus
  6. Kocak, ringan, tapi pas banget. Ngerasa balik ospek ga sih lo-lo pada yang baca tulisan ini? :p

    Good job!! :)

    BalasHapus
  7. haha bahasanya tinggi nih kakak wkwk
    saya tunggu kisah selanjutya.
    semoga cerita ini bisa d sinetronkan :p
    mampir ya kak,
    http://www.basketmania.tk/?p=295

    BalasHapus
  8. @Cerita hujan.
    thanks udah baca :D

    @helloyon
    pasti lanjuut. thanks udah ketawa. hehe

    @boy andri
    ospek = ajang cari jodoh ya? haha

    @wanita
    iya ditunggu yaa,. :D
    thanks udah pada baca

    BalasHapus