Kamis, 15 Maret 2012

Plato & Aristol: Buku dan Investasi


Suatu sore yang Rabu di Kampus Unyu.
Plato sedang asik di pojokan kampus sambil membaca sebuah buku tebal dengan judul conspiracy for dummies. Biasalah mahasiswa pada jaman itu harus baca hal-hal berbau konspirasi biar dibilang gaul.
“Lagi apaan elu disini sendiri boy?” tiba tiba Aristol muncul.
“Oh ane lagi pengen ngerasain jadi Rangga, diem di pojokan sendiri sambil baca buku” Plato tetep konsen baca
“Idiih… Gaya lu! baca buku konspirasi segala, beli dimana boy?”
“Di toko besi! Ya di toko bukulah” Selalu ada percakapan gak jelas diantara mereka
“Yaelah elu sensitip banget sih” Aristol lalu duduk disamping Plato*
“Ane lagi miskin cuy, gara gara kemaren beli buku, duit bulanan ludes semua” Plato curhat
“Emang elu beli berapa buku sih? Sampe ngabisin duit bulanan segala”
“Ya cuma beli 5 buku sih, tapi itu ngabisin uang bulanan ane yang cuma 200rebu” – Curhatan terselubung penulis—red
“Ya elu juga udah tau punya duit dikit ngapain sih beli beli banyak buku?”
“Buku itu investasi yang menjanjikan cuy, makanya ane mati-matian beli dan ngumpulin banyak buku” Plato bersemangat!!
“Investasi? Elu pikir buku itu emas? Investasinya dimana boi?” Aristol bengong
“Gini #disiniceramahdimulai, kalo kita beli buku, ada 2 hal yang kita investasiin. Pertama buku itu kita langsung baca dan kita dapet elmu kan? Terus buku itu kita simpen buat dijadiin warisan buat anak kita” Plato mirip orang khutbah.
“Waah tumben otak elu encer boi”
”Iya dan buku itu salah satu benda yang bentuknya gak gonta ganti, dari jaman dulu bentuknya ya begini ini. Makanya bisa dipake juga sama anak cucu kita, malah mungkin aja jadi koleksi buku langka. ” Plato bersemangat
“Widiiih keren juga yak kalo gue nanti mati terus ngasih warisan 10.000 buku buat keturunan gue!” Aristol udah pengen mati aja
“Iya itulah kelebihan buku. 50 tahun lagi, hape dan barang-barang yang kita pake pasti nilainya berkurang, tapi kalo buku ane yakin nilainya bakalan tetep dan terus bertambah”
“Kok gue gak pernah mikir gitu ya. Kalo buku segitu istimewanya kok harganya mahal ya? Dengan kondisi masyarakat kita kayak gini pasti jarang banget orang yang beli buku” Aristol bingung
“Bingung juga sih. Kalo buku harganya mahal nggak ada yang beli, kalo buku harganya murah ntar nggak ada yang bikin”
“Kalo gue sih beli buku itu beli ilmu, 50rb dapet satu buku, tapi ilmunya gak bisa dinilai” Aristol serius banget
“Kitah bisa mikir gitu, tapi coba ente liat mahasiswa lain. ngeluarin 50rb per minggu buat pulsa berasa enteng banget, sekalinya beli buku langsung misuh misuh”
Mending kalo beli, biasanya sih cukup fotokopi aja” Aristol nambahin
“Kalo ane sih mendingan minjem ke temen, tapi gak usah dibalikin lagi” Plato mulai menunjukkan jiwa kriminalnya
“Yeeh elu, nah itu juga bisa jadi solusi tuh, kalo punya duit pas-pasan elu bisa saling minjem ke temen, ajak dia buat beli buku yang beda sama elu bisa kan?” Aristol ngoceh
“Bisa. Tapi ribet, kalo elu punya minat baca tinggi bisa pinjem di perpustakaan” Plato menunjukkan kemampuannya yang terbatas
“Eh bedul!! semua orang juga tau bisa minjem buku di perpustakaan. Masalahnya perpustakaan itu ribet banget, elu perhatiin aja perpustakaan kampus kita, sepi banget, gue kadang bingung itu perpus apa kuburan”
“Ah perpus kita mah mendingan dibubarin aja sih, ane tiap kesana dilpelotin kayak teroris. Dih bikin males banget lah! Padahal ane cuma numpang tidur doang disitu. Koleksi bukunya masih komplitan punya ane daripada perpus itu” Plato menyombong
“Bener. Kalo dikampus kita ada Tsunami, dan perpus itu satu-satunya tempat yang gak kena tsunami, lha mending gue matilah” Omongan Aristol minta dipanggil urusan kemahasiswaan banget.
“Makanya jangan ke perpus. Kalo pengen baca tapi gak punya duit tinggal maen ke toko buku, baca sepuasnya disana”
“Kalo baca di toko buku suka dilliatin pegawenya boy, kan gak enak juga diem lama tapi kagak beli” Aristol ngebantah
“Gini caranya, ente baca satu chapter dulu, abis itu simpen bukunya, keliling dulu. 2 menit kemudian ente baca chapter 2. nah ulangin gitu sampe bukunya tamat, ane sering banget kayak gitu” Plato nyengir
“Elu ngehemat beli buku, tapi kaki elu pegel sampe penyakitan gara gara berdiri, itu mah sama aja! Meningan gue nabung buat beli buku”
“Ya itu jalan yang paling ideal sih, pertanyaannya ente sanggup gak nabung dan ngehemat demi beli buku?”
“Bisalah! Seenggaknya supaya bisa ngasih anak gue 10.000 buku, jadi dia gak usah menderita kayak gue kalo mau baca buku” Aristotles bercita cita mulia
“Ok. Dan anak ane ntar minjem ke anak ente aja ya, tapi gak bakalan dibalikin”
Plato & Aristol pun tertawa,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar