Rabu, 21 Desember 2011

Plato & Aristol: Kisah dari China

Suatu sore di pojok Kampus UNYU, 28 Oktober 200 SM.

“Cuy udah liat pideo bocah yg ketabrak di China belon?” seperti biasa Plato memulai obrolan

“Gak ada tawaran yang lebih bagus selain liat video orang ketabrak? Serem boy!” Aristol

“Ah ente ini gak updet bgt. Kan lg heboh bener di twitter!”

“Udah lama gak twitteran. Ipad gue rusak boy, jadi gue buang. Ntar sorelah gue beli lg”

“Cupu! Nih ente liat di Iphone ane aja.” Plato nyodorin iphone-nya.

*Plato dan Aristol serius melihat video itu di yutup (jaman dulu blm ada youtube—red)*

Dalam video berdurasi sekitar 7 menit tersebut terlihat seorang gadis kecil berumur 2 tahun yang sedang berjalan di jalan kecil. Tak lama kemudian anak tersebut tertabrak sebuah mobil, namun mobil tersebut bukan berhenti dan menolong anak kecil tadi, ia malah pergi dan meninggalkan anak itu begitu saja di jalanan. yang lebih mengejutkan, ada sekitar 18 orang yang lewat kesana-kemari tanpa beban seolah anak itu tidak tergeletak di jalanan! Para pengendara motor hanya menghindarinya, tapi tidak menolongnya. Padahal anak itu tertabrak 2 mobil! Sampai akhirnya seorang pemulung mengangkat anak tersebut dan memanggil ibunya.

“Kasian banget anak kecil itu :( Aristol geram dan sedih

“Sick society! yang lewat org gila semua ya? Itu anak dibiarin gitu aja, orang China gak punya hati apa!” Plato ngomen.

“jangan rasis boy. Ini masalah kemanusiaan, taun 64 di New York ada cewe ditusuk sampe meninggal jam 3 pagi, ada 12 orang yg ngeliat kejadian itu tapi gak ada satupun yang nolong. elu pernah denger Peng Yu Effect?”

“Hah??! Siapanya Pyu Yong Hai cuy?” Plato menunjukkan kebodohannya.

“Jadi kayak gini ceritanya, #disiniceramahdimulai. Sekitar Tahun 2006 ada seorang nenek jatuh, nah ada cowok kan namanya Peng Yu yang nolong nenek itu berdiri. Eh si cowo itu malah dituduh udah ngejatuhin si nenek, akhirnya cowo itu dituntut katanya sih sekitar $7000. mungkin itu yang bikin orang China mikir 7x sebelum nolong orang”

“Dituntut sama si nenek?”

“Dituntut Obama!! Ya iyalah sama nenek itu, sama siapa lagi coba!”

Ane rada bingung juga. Cewe yang di New York kejadiannya taun 1964, Peng Yu taun 2006, gadis dua taun yang namanya Wang Yue taun 2011. KITA ini ceritanya hidup 200 taun Sebelum Masehi wooii!! Elu bisa ngeliat masa depan emang?” Plato marah.

“Kan koneksi internet kita cepet banget boy, saking cepetnya bisa streaming ke masa depan” Aristol ngejelasin.

“200 SM BELUM ADA INTERNET JUGA WOOI!!” Plato #gaksante

*triiing*

“Yaudah sih, Jurnal ini emang ngaco, kita ikutin ajalah pengennya yang nulis, kita kan cuma karakter rekaan dia aja. Gak usah proteslah, ok?” Aristol Bijak banget

“Oke” plato setuju

“Ok. Gue tadi googling dikit sih, pake iphone elu yang harusnya belum ada tahun 200 SM! Elu pernah denger bystander effect? Jadi kalo kita ngeliat kecelakaan terus disitu banyak orang, biasanya kita cenderung merasa kurang pengen buat nolong, toh ada orang lain kan. Atau seenggaknya kita nunggu orang lain ngelakuin sesuatu baru kita ngikutin. Menurut penelitian, yang gue gak tau kapan. Kalo ada orang lain, kita ngebagi tanggung jawab buat nolong orang sama orang itu, kalo cuma ada kita sendiri di lokasi kejadian, tanggung jawab ada di kita seutuhnya”. Aristol ngoceh.

“oh gitu yah” Plato ber-ooh-ria

“lagian di banyak Negara, gak boleh kita nolongin orang yang kecelakaan sembarangan, pertama itu bahaya buat si korban kalo dipindahin seenak jidat, kedua biar korban gak dimanfaatin sama penjahat.”

“Bener tuh, temen ane pernah jatuh dari motor, pas bangun ada di rumah sakit, motor, hape dan dompet pun raib” Plato sedikit Curcur (Curi Curhat)

“Nah gitu, orang shalat jumat aja sering ilang sandal atau sepatu kok. Intinya sih. orang jahat itu ada dimana-mana bukan cuma di China, ya tapi kasus kasus Wang Yue emang rada keterlaluan juga sih”

“Semoga yang nabraknya ketangkep terus dihukum seberat beratnya” Plato berdoa

“Semoga” Aristol menambahkan.

#kemudianhening #heninglamasekali

Setelah itu mereka telah kehabisan bahan obrolan, mereka hanya bisa diam, diam yang lama sekali, sementara narasi ini harus ditulis untuk memenuhi space jurnal ini yang kosong, saya juga bingung mau nulis apalagi. Ternyata gini rasanya nulis bulletin sendirian itu susah. Mungkin harus ditambahin satu karakter lagi biar makin banyak obrolan gak pentingnya.

Anyway see you next week!

*Plato dan Aristol masih saja hening*

Nb: Wang Yue, gadis yg tertabrak mobil itu dilaporkan meninggal beberapa hari setelah dibawa kerumah sakit. Our deepest condolences. Rest In Peace Yue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar